Friday, June 26, 2009

Senam Hamil

*mo berangkat, mejeng dulu depan kontrakan :D


Usia kehamilan :
33 Minggu
Kegiatan : Senam Hamil 1

Hari sabtu 20 Juni 09 kemaren, resmi aku ikutan senam hamil untuk yang pertama kali hehe. Jam 08:45 berangkat dari rumah dianter suami, nyampek RS jam 9 kurang. Daftar di resepsionis, kemudian langsung ke Lantai 3 RS Tambak. Melewati kamar 306 jadi ngeri, inget waktu rawat inap kemaren. Nyampek aula senam hamil, masih sepi, ada 6 orang peserta yang sudah nyampek, pada pake seragam senam warna pink. Aku amati perutnya dah pada gede2, kayaknya perutku sendiri yang paling kecil. Dalam waktu 10 menitan, udah penuh aja tuh ruangan, ada 14 peserta. Tak lama kemudian instruktur senamnya yang kebetulan salah satu suster di situ, dateng. "Assalamulaikum. Ibu2, kalo ada yang mau pipis, silahkan yha, daripada nanti kepotong senamnya kan gak enak", gitu suster membuka pembicaraan dengan ramah, susternya cantik dan berjilbab lagi. Alhasil berbondong2lah ibu2 itu termasuk aku ke toilet, antri pipis hihihii..maklum kalo perut dah gede gini, bawaannya beser mulu.

Setelah itu ngisi absen.Usia kandungan rata2 sih antara 32-36 week. Suster "siapa yang baru pertama kali ikut senam hamil??", aku angkat tangan, dan ternyata cuman peserta satu2nya. suster "gakpapa, ikutin aja gerakannya yha Bu, untuk yang pertama kali senam hamil biasanya akan ada kontraksi kecil, kl misal gak kuat istirahat bentar gakpapa yha bu, nanti kl dah enakan diterusin lagi", begitu kata suster sambil menatapku dengan senyumnya yg ramah. Wah jadi deg2an, secara kontraksi itu kan sakit, let see aja lah, Bismillah..

Taklama setelah itu mengalunlah musik2 slowww yang mengiringi senam, kemudian suster mulai memandu senam. Hal pertama yang dilakukan yaitu memejamkan mata, membayangkan ada si kecil yang lg berenang2 dan kita ucapkan salam dan mengajaknya untuk senam. Pada sesi ini aku kok terharu, seakan2 aku melihat dan bercengkerama dengan si kecil. Gerakan selanjutnya yaitu gerakan tangan dan kepala, lanjut gerakan kaki yang dilakukan sambil berbaring. Sebenernya gerakan2 dalam senam hamil itu mudah buangetttt. Mungkin karena perut dah segede gaban, jadi baru gerak dikit dah ngos2an dan lumayan kringetan. Yang paling ditekankan dalam senam hamil yaitu pernafasannya, atur nafas yaitu ambil nafas yang dalam lewat hidung dan dibuang perlahan2 lewat mulut dan disela2 itu ada tahan nafas sekitar 4-6 detik. Ini yang sering kelupaan, aku sering buang nafasnya lewat hidung hihiihhi...

Tahan nafas 4 detik?? ah gampanggg....tahan nafas 6 detik ???? kecilllll, tahan nafas 10 detik??? easy lahhhh.....pas disesi terakhir ada tahan nafas 20 detik...huaahahahah...berasa bangetttttt. Itu kata susternya tujuannya agar kita kuat ngedennya nanti kalo pas melahirkan, aminn.oh yha ada gerakan persalinan juga loh, ihhh jadi ngeri ngebayanginnya seumpama sudah ngadepin beneran, semakin deg2an ajah. Senamnya sendiri kurang lebih sekitar 1 jam'an, jadi jam 10:10 udah selesai. Kemudian sesi makan snack + susu hamil + air putih, sambil konsultasi, sharing ilmu, saling support dan ada wejangan2 dari susternya.

Kata Suster :
  1. Gak harus senam hamil di RS, senam hamil di rumah juga boleh, dan disuruh banyakin jalan kaki, paling gak 30 menit sehari.
  2. Kalo usia kandungan sudah 30 week, harap sudah menyiapkan tas yang untuk dibawa ke RS, yang berisi perlengkapan persalinan, baju ganti ibu dan dedek.
  3. Sebelum dipakai, baju bayinya harus dicuci dulu, biar bersih bebas dari kuman.
  4. Diharapkan ibu2 memperkenalkan baju2 dan perlengkapan ibu melahirkan, seperti gurita, pembalut, kain sarung dsb, kepada suaminya. atau dipisahkan di tempat tersendiri, jadi kalau suster minta baju ganti ke suami, si suami gak bingung. soalnya ada kejadian waktu suster minta baju ganti si ibu abis melahirkan, malah di bawa kopernya ke ruang bersalin, susternya disuruh milih sendiri wakakakakkaaa...
  5. Tanda2 persalinan : kontraksi 2 kali dalam 10 menit dan semakin meningkat, ada lendir darah, dan pecah ketuban.
  6. Kalau ibu hamil gak enak badan, jangan diremehkan (misal : batuk, panas, pilek, dll ) langsung segera ke RS/Klinik/Dokter/Bidan. Soalnya kemaren abis ada kejadian seorang ibu hamil 20 minggu, setiap kontrol gak pernah dianterin suaminya. Kemudian sakit panas seminggu baru ke RS Tambak dg dianter suaminya, setelah cek darah ternyata ibu itu sakit tipes yang sudah akut, dan waktu diperiksa detak jantung bayinya sudah gak ada. Nyesel deh tuh suaminya, sekali nganterin langsung gak ada bayinya. Kemudian RS Tambak membuat rujukan ke RS Pertamina untuk pengobatan ibunya dan setelah sembuh baru dikeluarkan itu bayinya, karena bisa membahayakan kesehatan si ibu. duhhhh....ngenes banget kan ??? Untuk ibu hamil, jaga kesehatan, jangan jajan sembarangan (*yang ini nihh ngena banget, secara akhir2 ini dah gak kuat masak, akhirnya jajan terus diluar, tapi semoga dedek dan ibunya tetep sehattt, aminnn)
Apalagi yha??? kayak nya itu aja yang aku inget hehehe.... Jam 10:30 acara senam hamil selese. Ganti baju dan kemudian meluncur ke ITC kuningan beli breastpump. Pas di ITC ini perutku agak tegang2 kenceng gitu, mungkin efek senam hamil tadi.. Fyiuhhh jam 2'an nyampek rumah langsung tepar. Besoknya Minggu 21 Juni 2009, jalan2 ke monas. Jalan kaki selama 30 menit, lumayan bo'. Semoga ini gak anget2 t** ayam aja, semoga tetep semangat senam hamil dan jalan2 30 menit, demi dedek. Sehat terus yha Dek. Makasih buat suami yang sudah nemenin aku kemana2 :D i lov u so much, emuahhh emuahhhh :-*

3 comments:

  1. Salam kenal Gan. . .apakah ketika senam hamil ada pakaian olahraga khusus yang di tentukan? terimakasih.

    ReplyDelete
  2. matur nuhun teteh artikelnya bantu banget. oh iya teh bisa bagi info tentang baju senam aerobik yang jual di surabaya

    ReplyDelete
  3. apa gpp yah klo snam hmilny itu dlkukn sndri drmah ??
    n btw sis tau ga toko baju senam yg nyediain bju snam hmil n baju senam wanita ? soalny istri lgi pngin bli ni :)

    ReplyDelete