Tuesday, May 5, 2009

Detail Scan

Usia kehamilan : 25 Minggu
Tensi : -
Berat Badan : -
Hasil USG :

waktu kontrol terakhir kmrn saya sempet tanya ke dokter saya ttg kapan waktu yang bagus buat USG 4D.katanya bulan depan. Beliau ngomongnya Detail scan. Trus saya tanya apa bedanya detail scan ama 4D, katanya sama. ini akunya yg gak mudeng ato dokternya yg slendro :D intinya ternyata terjadi misscom.

Terjadi misscom ini aku sadari ketika gambar USG nya tidak seperti yang kuharapkan. kl 4D kan warna sephia gitu, coklat2, nahh kalo ini item putih kayak biasanya waktu kontrol bulanan, cuman ini alatnya lebih gedhe, dan dedek jadi keliatan organ2 dalemnya. Pas pertama suster tanya "detail scan untuk apa Bu?" , udah mulai curiga2 gitu, yha tak jawab "pengen aja suster", soalnya kl USG 4D kan emang buat narsis2an emboknya.

Trusnya Dokter USG nya juga tanya detail scan untuk apa, lha aku yha bingung jawabnya, jawabanku sama ama yg saya kasih ke susternya, pengen aja. Ternyata eh ternyata detail scan itu dilakukan jika ada masalah pada kehamilan/janinnya. karena ini mahal, jadi bagi yg kehamilannya baik2 saja tidak direkomendasikan. Jadi detail scan itu meliputi pemeriksaan organ2 dalam, bener2 detail, wong di tekan2 pake alat USg sampek 1 jam'an. Mulai dari Otak (ada cairan yg berlebih gak? dsb), Wajah, Hidung, kuping, rahang dan mulut, bibir, dagu, leher, jantung (ada kebocoran gak? klepnya bener gak? aliran darahnya gimana?), paru2, lambung, tangan, kaki, empedu, hati, ginjal(ginjalnya fungsi apa enggak?), kelamin, kandung kemih, telapak kaki, telapak tangan, pokoknya semuanya, sampe lapisan pembatas antara perut dan rongga dada ada ato tidak (diafragma). Banyak istilah2 kedokteran yang saya gak ngerti, akhirnya banyak terlontar kata2 "apa itu Dok ?" "itu maksudnya apa Dok?" Alhamdulillah dokternya mau menjelaskan semuanya dengan detail, meskipun abis itu sayanya lupa lagi :D

Setelah semua selesai, ada rekapnya dan ada fotonya dedek buanyakkkk banget. Setelah itu dokter tanya lagi "ini detail scan buat apa Bu?" , hah ? masih ditanya lagi ?? ya udah aku jelasin kl sebenernya pengen yang 4D, tp kok gini jadinya, detail scan. trus dijelasin "kl untuk 4D sebaiknya usia 32 minggu Bu, ibu tadi udah liat kan, wajahnya belum terlihat jelas krn emang masih kecil, sedangkan detail scan itu untuk kehamilan yang bermasalah, lha ini ibu kehamilannya baik2 saja, dan bayinya jg normal semua". wahh bener2 miss com neh, emang sih tadi pas di USG 4D, wajahnya masih banyak lendir2nya gitu, wajah dedek belum begitu jelas, apalagi dia gerak2 mulu, susah capture-nya.

Meskipun sepertinya sia2 dan useless, karena kehamilanku Alhamdulillah baik2 saja, dan organ2 bayiku bekerja dengan baik, normal dan sehat, mengeluarkan uang segitu itu jelas mengurangi jatah plafon buat kontrol kehamilan. Tapi dengan tahu kl dedek sehat2 saja dan semua organ2nya berfungsi dengan baik, tentu saja saya dan suami sangat bahagia, lega, Alhamdulillah. sehat terus yha Nak.

1 comment:

  1. Detail Scan.. hhhmmm istilah baru lagi, klu aku taunya 4D itu ajah, soalnya wis diliat lengkap juga smua fungsi organ dalemnya, tulang, peredaran darah, pokok smua mua.. :)

    ReplyDelete